GOA TANDING YOGYAKARTA

Goa tanding merupakan destinasi wisata baru yang ada di gunungkidul lebih tepatnya terletak di desa gelaran 2, bejiharjo, karangmojo, gunungkidul , Yogyakarta . Untuk menempuh wisata ini dari km 0 yogyakarta membutuhkan waktu sekitar 1-1 ½ jam , goa tanding ini tergolong wisata baru yang ada di gunungkidul pada tahun 2016, karna baru di buka pada h+2 lebaran idul fitri 2016 1437 H . Goa tanding ini memiliki panjang goa sekitar 450 m dengan kedalaman rata-rata 1-6 meter dan lebar goa 4-8 meter, dengan sistem penelusuran menggunakan satu pintu/ lubang, jadi kita start dan finish menggunakan satu pintu/lubang. Jadi ditotal panjang penelusuran 900 meter. Untuk penelusuran di goa tanding ini sendiri menggunakan perahu karet, jadi pengunjung tak usah khawatir karna basah akan air, tapi kalau pengunjung juga mau berenang atau bermain air juga bisa nanti ada spot tertentu untuk berenang. Untuk keselamatan (safety) di dalam goa tanding ini terjamin, selama penusuran dalam goa tanding ini pengunjung wajib menggunakan pelampung , helm , dan sepatu karet , pengunjung sudah dijamin dengan asuransi yang terpercaya.

Untuk sejarah goa tanding berasal dari sumur warga yang bernama mbah harto tanding, dan untuk kata goa tanding ini sendiri dikutip dari nama penemu sumur yang berhasil menembus goa pada tahun 1997..Asal Usul Goa Tanding

Dinding-dinding di dalam goa tanding ini mempunyai warna khas (coklat ke emasan ) karna dinding-dinding goa tanding ini tidak pernah terkena sinar matahari , serta ada campuran antara lumpur yang terbawa oleh banjir ribuan taun silam.

Goa tanding ini terbagi atas tiga zona :

Zona terang

Zona terang ini terentang 70 meter dari start goa tanding sampai pulau pertama, ini di zona ini pengujung bisa menikmati keindahan dinding dan batu stalakmit yang menempel berdekatan dengan air kira-kira 1 ½ meter diatas dipermukaan air.

POPULAR TOUR PACKAGE

 

NEW TOUR PACKAGE